[Wawancara & Fanart] Then She Smiles, Makna Sinatria


Hai! Ini kali pertama blog saya mengadakan wawancara dengan penulis buku. Rada deg-degan rasanya, sebab pertanyaan-pertanyaan yang saya lontarkan takutnya terlalu mengada-ada. Dan kebetulan wawancara pertama ini bertepatan dengan rangkaian Blogtour & Plus-Plus #ThenSheSmiles, maka penulis yang saya todong pertanyaan adalah Kak Makna Sinatria

Sebelum ke pertanyaan yang saya ajukan, saya mau share sedikit informasi mengenai sosok Kak Makna Sinatria ini. 

Kak Makna Sinatria ini lahir di Klaten, Jawa tengah, pada tanggal 24 Januari 1990. Usianya sekarang berarti 27 tahun. Zodiaknya Akuarius. Ia merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Saat ini Kak Makna Sinatria tercatat sebagai mahasiswa di University at Albany, SUNY.

Nah, segitu saja informasi penulis Kak Sinatria dari saya. Kalau kamu masih penasaran dengan Kak Sinatria, silakan menghubungi Twitter/Instagram; @maknaKookie, atau Facebook: Makna Sinatria.

Saya diberikan kesempatan oleh Penerbit Haru untuk mengajukan 3 pertanyaan terkait kepenulisan novel Then She Smiles. Hanya 3 pertanyaan saja. Padahal inginnya lebih dari 3. Tapi supaya host yang lain juga punya kesempatan bertanya juga. Dan berikut ini adalah hasil wawancara saya dengan Kak Makna Sinatria :

Berbicara roman antara Hexa dan Alena, beberapa part rasa ceritanya seperti drama korea. Ada nggak hubungan Then She Smiles ini dengan drama korea? Entah hiburan ketika mentok nulis, atau pas riset?

Hmm… aku jarang nonton drama korea sih, lebih suka variety show-nya. Aku lebih banyak terinspirasi sama manga (rekomendasi: Horimiya).

Sebenarnya aku paling nggak pinter nulis adegan romantis, jadi harus beneran berusaha keras buat adegan Hexa-Alena (karena karakter Hexa nggak boleh terlalu cheesy tapi juga ga boleh terlalu cold). 

Ada nggak yang melatarbelakangi pemilihan tema kekerasan dalam rumah tangga di novel Then She Smiles ini?

Penulisan Then She Smiles sendiri mungkin sebenernya dimulai dari projek personal waktu kuliah aku nulis dan banyak baca tentang domestic violence dan perjuangan korban KDRT buat keluar dari situasi ini

Saya termasuk pembaca yang suka mengada-ada ketika baca buku. Setelah menyelesaikan Hexa dan Alena, ada rencana melanjutkan ke Altair atau Riou? Mereka berdua juga punya karakter yang khas. Bakal seru kalau dilanjutkan ceritanya di seri lain.

Ada banget. Aku pengen nulis satu cerita tentang Altair atau Riou, entah cameo atau short story tentang mereka (yang pernah baca novelnya Ilana Tan atau Windry Ramadhina yang Montase sama Last Forever pasti tahu pattern mereka). Tapi lagi nyoba nyari cerita yang pas buat mereka.

Nah, itu 3 pertanyaan yang saya ajukan. Untuk lebih tahu banyak tentang Kak Makna Sinatria, kamu harus ikutan perjalanan Blogtour & Plus-Plus #ThenSheSmiles ini ke 5 blog. Soalnya, ada 5 host untuk blogtour ini. Jadi, kalau ditotal akan ada 15 pertanyaan yang mengupas kepenulisan novel Then She Smiles. Kamu bisa tambah dekat sama penulisnya.


Selain diberikan kesempatan untuk wawancara, para host juga boleh meminta fanart dari bagian novel Then She Smiles. Saya kemudian meminta Kak Makna untuk menggambar salah satu part di halaman 52.

"Sebuah senyuman tersungging di bibir Alena, tapi diikuti tetesan air mata di pipinya."

Dan inilah hasil gambarnya :


Keren!!! Sebuah gambar yang menunjukkan sosok Alena yang sedang tersenyum tapi sambil meneteskan air mata. Getir.

Oh iya, jangan lupa buat kamu untuk ikutan giveaway setelah posting-an ini. Hadiahnya berupa merchandise dari novel berupa notes Then She Smiles. Ditunggu partisipasi kamu semua! 


8 komentar:

  1. Gambarnya keren. Ternyata penulisnya lebih suka manga. Emang sih, manga itu keren-keren ceritanya.

    Izin ngesave link Horimiya, jadi tertarik baca-baca :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga masih suka manga. Ceritanya kadang tidak terduga gitu.

      Diijinkan, lumayan buat pengetahuan baru untuk cerita-cerita baru, hehe

      Hapus
  2. Cakep ih fanartnya xD Sosok Hexa ny dapat bnget. Ngomong-ngomong hlm 52 itu Hexa kenaapa??? Kok menangis sambil tersenyum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di halaman 52 itu, pikirannya saling tindih antara nasib yang sedang menimpanya di tengah keluarga dan rasa baru akibat ketemu Hexa yang kemudian memunculkan sedikit rasa yang aneh. Hehehehe. Kayak 2 pikiran yang berkemelut, 2 pikiran yang kontras. Makanya, ada sisi menangis, ada sisi tersenyum. kurang lebih begitulah. Hehe

      Hapus
  3. Aku juga suka manga. Dan samaan lagi kalau aku juga suka variety show korea karena seru-seru dibandingkan dramanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya masih toleran sama Manga. Tp tidak sama variety show. Lebih suka dramanya, hehehe

      Hapus
  4. Fanartnya keren banget! Ternyata selain jago nulis, Kak Makna ini gape bener gambar ya! Salut! Dan makasih loh buat rekomendasi manga Horimiya. Sudah kumasukin di listku nih! ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dia multitalent gitu. Saya juga suka sama fanartnya. Mau belajar tapi butuh usaha lebih, hehehe.

      Hapus