Meludah Di Waktu Dan Tempat Yang Tepat, Bikin Adem Hidup


PERINGATAN!!!

Artikel ini memuat curhat pria. Bagi yang suka nyinyir dan beranggapan 'Beuh, cowok kok melow!' dipersilakan menghentikan membaca. Ini akan lebih baik buat kesehatan kalian.

Ceritanya tentang patah hati yang belum sembuh dan masih terasa nyeri.

Hayo, disini siapa yang punya mantan pacar?

Mengawali curhat, saya ingat dengan obrolan bersama kawan beberapa hari lalu yang membahas mahluk setipe setan yaitu mantan. Jadi, di obrolan itu dia bercerita soal mantannya yang nge-inbox di facebook. Singkat cerita mereka membahas masa lalu dan ujung-ujungnya buka-bukaan rahasia.

Cowok: Saya tuh pernah mampir ke rumah kamu. Kamunya enggak ada.

Cewek: Saya juga ke rumah kamu. Kamunya enggak ada. Kado saya kamu terima kan?

Cowok: (Mikir lama... Soalnya ada banyak kado saat perpisahan itu) Oh iya yang isinya sendalkan!

Cewek: Iya. Kamu masih inget. Eh, dulu tuh saya suka kamu lho.

Cowok: Sama, saya juga suka kamu.

Petrus bos! Pepet terus!!!

Inbox mereka naik-turun kayak petualangan ninja hatori -mendaki gunung... lewati lembah... sungai mengalir indah ke samudera... bersama teman... berciuman- hingga sampai pada keputusan si cowok menganggap hubungan mereka salah karena si cowok sudah memiliki tiga anak dan si cewek akan menikah dalam waktu dekat. Lalu, mereka saling memutuskan pertemanan di facebook.

Kalau di buat ftv, seharusnya si cowok tergoda terus main kucing-kucingan di hotel melati tanpa diketahui siapa pun kecuali Allah Yang Maha Melihat. Ini yang membuat kita sepakat kalau mantan bisa menjelma jadi setan. Diladeni bikin mati, tak diladeni bahagia hati.

Beruntung sekali kawan saya ini. Baginya, mantan tetap mantan yang nilainya tetap kalah sama yang sudah jadi temanten.

360 derajat berbeda dengan kisah saya. Mantan tetap terkenang, entah bakal sampai kapan.

Pedih juga tiap kali bahas mantan. Lama enggak jumpa, sekarang mah bayangan wajahnya sudah mulai kabur. Tapi yang bikin berat, pas lagi mau tidur biasanya mesra-mesraan dulu, momen itu sudah enggak bakal dialami lagi sama dia.

Kita bubar karena masalah sepele yang banyak, kemudian membesar dan menggerus sabar antara saya dan dia. Perpisahannya lewat WhatsApp dan itu meninggalkan satu rasa yang janggal, seperti ada yang belum selesai, sampai saat ini.

Sebenarnya bukan kisah perpisahan yang mau saya utarakan disini. Melainkan kejadian setelah perpisahan itu. Seperti kebanyakan orang patah hati, segalanya menjadi tak menarik, segalanya menjadi dramatis.

Denger lagu Melly Goeslaw yang 'Tanyakan pada rumput yang bergoyang' bawaannya pengen lari nyari kebun yang banyak ilalangnya. Denger lagu Gibran yang 'Say you love me' bikin pengen genjrang-genjreng gitar walau aslinya enggak bisa. Yang parah, pas denger lagu Maudy Ayunda yang 'Bayangkan rasakan' pengen cepet nikahin penyanyinya.

Oalah!

Pokoknya baper parah.

Kalau lagi insyaf, saya kadang ingin membalik kepedihan dan merananya patah hati menjadi kejutan yang enggak akan disangka-sangka. Ibarat bola yang dijatuhkan ke lantai dengan tekanan dasyat, bola akan membal ke atas lebih tinggi. Seharusnya saya bisa belajar dari situ. Membalik keadaan.

Kenyataannya, saya sibuk meratapi seolah sakitnya patah hati kayak cemilan keripik yang pedesnya ada level-levelnya gitu. Sudah tau bakal bikin perut sakit dan mendadak diare, tapi enggak mau berhenti makan.

Cuy, ada yang keliru tuh sama ketahanan hati kau!

Benar, saya enggak biasa disakitin. Sukanya disayangi. Ehm.

Sekalinya dibuat patah hati, move on-nya lama. Ini tabiat buruk saya, jangan dicontoh ya. Dan jika harus menuruti apa yang diharapkan, saya malah kebingungan bagaimana cara memulai membalik keadaan. Namun sebagai manusia yang lemah, saya enggak pernah ketinggalan berdoa supaya diberikan jodoh sekelas....
...
...
...
...
...



Anying, sekelas tuh banyak, di kelas kuliah saat ini sejumlah empat puluh orang. Maruk sekali kau!!!

Gambar diunduh dari web: www.behance.com

Lima Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Puasa


Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Seluruh umat Islam bersiap menjalankan ibadah puasa. Menahan diri dari segala yang membatalkan puasa harus diupayakan semaksimal mungkin agar amal puasa kita diterima Allah SWT, bukan hanya mendapatkan lapar-haus tetapi nol pahala.

Menurut saya ada lima hal utama yang seharusnya dipersiapkan sebelum berpuasa di hari pertama. Sebenarnya kalau dicari, banyak artikel lainnya yang membahas persiapan berpuasa juga. Namun saya pun memiliki versi sendiri.

Apa saja hal tadi?

Silakan disimak penjelasannya berikut ini:

1. Niatkan hati seikhlas mungkin untuk berpuasa.
Niat menjalankan apa pun harus selalu dilakukan di depan. Nilainya akan bertambah ketika niat tersebut dibarengi rasa ikhlas. Cara ini dilakukan untuk mengubah 'beban menjalankannya' menjadi kegiatan yang menyenangkan. Termasuk saat akan menjalankan puasa. Berniat dengan ikhlas menjalankan puasa diharapkan memberi kekuatan dalam menjalankan puasa sejak usai waktu sahur hingga tiba waktu berbuka.

Bagi beberapa orang menjalankan puasa seperti beban. Kebiasaan ngopi pagi-pagi, ngemil di jam kerja, dan makan siang ditemani minuman segar, otomatis tidak bisa lagi dilakukan. Perubahan ini yang butuh adaptasi saat awal-awal berpuasa. Dengan niat berpuasa yang ikhlas, semoga kebiasaan tadi dapat dihentikan selama bulan Ramadhan tanpa menimbulkan syok yang berarti.

2. Memohon maaf atas segala salah dan saling mendoakan agar dilancarkan berpuasa.
Setelah berniat yang ikhlas, disarankan untuk meminta maaf ke orang-orang terdekat atas salah dan khilaf. Ketika menjalankan ibadah di atas kebencian dan kekesalan orang lain, secara tidak langsung akan mempengaruhi suasana puasa. Bakal tidak nyaman ketika kita berpuasa kemudian rekan kerja mendiamkan kita karena ada salah yang tidak kita sadari. Maka dari itu, memohon maaf InsyaAllah akan membuat puasa kita menjadi lebih menyenangkan.

Selain meminta maaf, lanjutkan juga meminta doa agar selama menjalankan puasa diberikan kelancaran. Kita tidak pernah tahu selama menjalankan puasa akan ada kejadian apa. Bisa saja kita sakit, bisa saja kita terkena bencana alam. Dengan meminta doa serta mendoakan kebaikan kepada yang lain, semoga segala halangan yang akan datang selama kita berpuasa dijauhkan oleh Allah SWT.

3. Membatasi kebiasaan buruk selama berpuasa.
Siapa pun pasti memiliki harapan puasanya berbuah pahala. Untuk menjadikan hal itu kita dituntut berusaha untuk berpuasa dengan benar. Salah satu yang harus dilakukan adalah membatasi kebiasan buruk yang selama ini dilakukan sehari-hari. Contohnya seperti membicarakan keburukan orang lain, berbohong, berjanji palsu, menonton tayangan tercela, bergosip, dan masih banyak kebiasan remeh yang kerap dilakukan padahal sudah tahu kalau itu kebiasaan buruk.

Melakukan kebiasan buruk di bulan Ramadhan akan mengurangi nilai puasa kita. Dan membatasi kebiasaan buruk di bulan Ramadhan bisa juga menjadi terapi mengurangi kebiasan tersebut di waktu ke depannya. Secara tidak langsung, kita sebenarnya sedang memformat kepribadian kita dengan kebiasaan baik. Semoga setelah lulus melewati bulan Ramadhan ini, kita menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

4. Memilih dan mengukur makanan dan minuman saat berbuka puasa dan saat sahur.
Ini poin penting yang harus diingat karena kebanyakan orang berpuasa akan menjadi orang rakus pada makanan dan minuman saat berbuka puasa dan saat sahur. Segala makanan dan minuman akan dibeli dan dinikmati tanpa dipilih. Seakan waktu berbuka dan sahur adalah waktu balas dendam usai beberapa jam berpuasa.

Kita pun mengabaikan kesehatan akibat makanan dan minuman yang kita konsumsi secara berlebihan. Bukan tidak mungkin pada sepuluh hari pertama kita bisa saja tumbang akibat sakit yang disebabkan pola makan yang kebablasan.

Untuk itu sudah menjadi keharusan bagi kita yang akan berpuasa untuk memilih dan mengukur porsi makanan dan minuman yang akan kita konsumsi saat berbuka atau saat sahur. Ini dilakukan demi kesehatan dan kelancaran kita selama berpuasa.

5. Lakukan olahraga walaupun dalam repetisi kecil.
Ada dua alasan yang biasanya dikemukan oleh orang-orang yang tidak berolahraga di bulan Ramadan. Pertama, berpuasa itu bikin badan lemas dan lemah. Kedua, di bulan Ramadhan ini sedang memperbanyak ibadah jadi tidak ada waktu buat olahraga.

Padahal penting juga menjaga badan tetap prima selama berpuasa. Kedua alasan di atas memang benar. Namun, bukan berarti tidak bisa diakali cara berolahraga di bulan Ramadhan.

Lakukan olahraga di luar waktu berpuasa. Yang paling memungkinkan adalah setelah solat tarawih. Olahraga membantu membakar kalori dan lemak di tubuh dari makanan dan minuman yang kita lahap saat berbuka. Sehingga bisa memperkecil jumlah endapan lemak jahat di tubuh.

Gunakan repitisi kecil saat berolahraga jika kalian takut olahraga menambah lemas. Misalkan, biasanya melakukan push up sebanyak 200 kali, selama bulan Ramadhan boleh diturunkan menjadi 50 atau 75 kali. Dengan begini, tubuh akan tetap terjaga dan tetap sehat.

Di samping bermanfaat untuk kesehatan, tetap melakukan olahraga di bulan Ramadhan sama saja sedang menjaga rutinitas baik tersebut. Karena banyak sekali orang yang setelah berhenti olahraga, untuk memulai laginya kesulitan akibat malas.

Nah, itulah kelima hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan menjelang berpuasa. Sebenarnya masih banyak yang masih harus dipersiapkan menjelang puasa, namun sisanya silakan kalian share di kolom komentar atau bisa kalian cari di artikel blogger lain.

Mari lakukan puasa di bulan Ramadhan ini dengan suka cita untuk meraih pahala.

Catatan:
Gambar diunduh dari web www.behance.com

[Buku] Nikmatnya Bersyukur: Merajut Gaya Hidup Penuh Bahagia, Bahrus Surur-Iyunk


Judul: Nikmatnya Bersyukur: Merajut Gaya Hidup Penuh Bahagia
Penulis: Bahrus Surur-Iyunk
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Terbit: 2018
Tebal buku: xxii + 178 halaman
ISBN: 9786020458601
Harga: Rp53.800

Ada yang bilang kalo instagram itu media sosial yang selain menghibur juga membuat banyak orang iri. Pasalnya pengguna di instagram seolah berlomba-lomba memamerkan keunggulan dengan kemasan menarik dan spesial, meski kenyataannya entah kayak gimana. Apapun yang di-posting harus mencapai love banyak, kalo perlu dibanjiri komentar yang berjuta-juta. Ini yang kemudian jadi perhatian beberapa pengguna untuk menganalisa banyak manfaatnya atau justru banyak tidak manfaatnya.

Kalo saya sendiri sudah lama nggak main instagram. Bukan perkara alasan di atas. Saya merasa menggunakan instagram menghabiskan banyak waktu. Sekalinya buka, scroll ke bawah, mendapatkan banyak suguhan informasi, foto menarik, video lucu, dan pas sadar sudah dua jam lebih. Saya menghabiskan dua jam untuk melihat saja. Kalau membaca caption panjang rasanya jarang orang melakukannya. Ada yang salah dengan pola penggunaan begini. Kalo mencari hiburan, saya mending nonton film. Kalo durasinya dua jam, setelah nonton ya sudah nggak akan ditonton lagi karena sudah tahu isi filmnya apa. Sedangkan instagram menjadi candu, bakal buka lagi, lagi, dan lagi.

Saya uninstall instagram dan lebih aktif di twitter yang penggunaanya baik buat saya sebagai orang yang mencari hiburan sekaligus informasi dunia blog.
Menilik cerita di atas, orang yang menggunakan instagram akan berdalih "Yang penting bahagia cuy!"

Dan kalau bahagiamu itu bikin kau tidur cukup gara-gara instagram, saya kasih selamat sambil tepuk tangan yang kenceng.

Pok! Pok! Pok!

Tapi kalau bahagiamu belum penuh, saya mau share sedikit isi buku keren yang ditulis oleh kepala sekolah SMA Muhammadiyah di Sumenep dengan tajuk Nikmatnya Bersyukur: Merajut Gaya Hidup Penuh Bahagia.

Buku ini bakal menuturkan mengenai cara-cara bersyukur dalam rangka menjadi bahagia dengan sumber-sumber dari Al-Quran dan hadits. Menurut Al-Ghazali ada tiga cara manusia menunjukkan cara bersyukur. Pertama, bersyukur dengan hati. Kedua, bersyukur dengan lisan. Ketiga, bersyukur dengan anggota badan. Lebih jelasnya mending baca langsung bukunya.

Pendapat mengenai bersyukur adalah persepsi cara pandang, sangat menarik dipahami. Mungkin ketidakbahagiaan kita saat ini karena tidak bersyukur akibat cara pandang yang keliru. Misalkan kita sudah punya mobil, masih saja gelisah setiap melihat mobil yang lain lebih bagus dan lebih mahal. Yang sudah punya motor masih gelisah karena kepikiran ingin punya mobil. Padahal hati bakal tentram sentosa kalau kita merubah cara pandang dengan tidak melihat ke atas untuk membandingkan. Cobalah melihat ke bawah saja. InsyaAllah kita akan paham bahwa Allah sudah memberikan lebih banyak kepada kita dibandingkan yang dimiliki oleh mereka yang ada di bawah kita. Dari sini kita akan merasa sangat bersyukur.

Pada akhir bab buku ini menjadi penutup yang benar-benar keren karena membuka amalan yang ringan namun berfaedah sangat besar. Sekaligus mengingatkan buat kita yang kalau habis salat langsung beranjak. Sebab kata Rasulullah membaca Alhamdulillah, Subhanallah, dan Allahuakbar sebanyak 33 kali memberikan banyak manfaat.

Kata Alhamdulillah, segala puji milik Allah, memiliki ajakan kepada kita untuk bersyukur dalam segala keadaan. Kata Subhanallah, Maha Suci Allah, memiliki ajakan kita sebuah kesadaran Allah itu suci dan manusia adalah tempat salah sehingga perlu sekali bagi kita untuk ringan menjadi orang yang pemaaf. Kata Allahuakbar, Allah Maha Besar, mengingatkan kita untuk tidak membesar-besarkan hal kecil dan tidak membesar-besarkan urusan dunia selain untuk urusan Allah.

Konsep bersyukur yang disampaikan dalam buku ini akan membuat kita menjadi pribadi yang taat, bersabar, pemaaf, dermawan, dan tentu saja jadi orang bahagia. Sebab ujung usaha keras manusia di dunia adalah kebahagiaan dunia sekaligus kebahagiaan akhirat.

[Buku] Teka-Teki Robeknya Baju Pangeran Oskar, Dyah Umi Purnama


Judul: Teka-Teki Robeknya Baju Pangeran Oskar
Penulis: Dyah Umi Purnama
Penerbit: Penerbit Bhuana Sastra
Terbit: 2018
Tebal: i + 81 halaman
Nilai: 3/5

Novel Teka-Teki Robeknya Baju Pangeran Oskar termasuk salah satu novel anak. Ceritanya seperti dongeng. Terutama tentang latarnya yaitu di sebuah desa yang dinaungi kerajaan Glomenia.

Kisahnya, pada suatu hari Pak Jame mendapati baju untuk Pangeran Oskar yang dipesan kerajaan sudah dalam keadaan robek. Pak Jame yang baru saja pulang dari pasar panik dan dugaan pertama mengenai pelakunya tentu saja tertuju kepada anak laki-lakinya, Tommy. Apalagi sebelum baju itu selesai dijahit, Tommy sempat menginginkan untuk mencoba baju tersebut namun dilarang oleh Pak Jame.

Tommy menyanggah dugaan ayahnya dan dugaannya justru menunjuk kepada sahabat perempuannya, sekaligus anak dari tetangganya, Sally. Bukan tanpa alasan, Sally pernah ditolak oleh Pangeran Oskar untuk mencicipi kue dadar gulung buatannya. Dan Sally masih kesal kepada Pangeran Oskar.

Sally jadi marah dituduh demikian dan dia sendiri punya dugaan lain soal pelaku yang merobek baju pangeran yaitu Memo, kucing peliharaannya.
Selain dugaan kepada Tommy, Pak Jame menaruh curiga kepada tetangganya, Pak Ale. Dia adalah penjahit juga. Hanya saja hasil jahitan Pak Ale kurang bagus sehingga pesanan jahitannya sedikit jika dibandingkan pesanan jahitan Pak Jame.

Masalah tambah pelik ketika Pak Jame berniat memperbaiki sobekan pada baju itu, dibutuhkan benang emas yang mesti dibeli seharga 20 keping emas. Ia pun terpaksa menggadaikan rumahnya kepada Pak Goldin hingga pada saat sebelum jatuh tempo, Pak Jame dan Tommy harus meninggalkan rumah, orang-orang Pak Goldin datang mengusir.

Lalu, sebenarnya siapa pelaku yang tega merobek baju pangeran Oskar?

Kisahnya sederhana dan memang begitulah ciri khas cerita-cerita yang ditujukan kepada anak-anak dalam rangka menanamkan nilai-nilai budi luhur. Mbak Dyah selaku penulis sudah berusaha menggabungkan cerita masa lalu dengan masa kini. Terasa sekali dari latar kerajaan yang disandingkan dengan nama karakter yang rasanya sudah modern. Misalkan nama Tommy dan Sally.

Penulis juga berhasil menjaga teka-teki pelaku hingga akhir kisah. Dugaan-dugaan setiap tokoh yang membuat pola menyambung antara satu ke yang lain, membuat bingung menentukan alibi siapa yang benar dan siapa yang sebenarnya bersalah.

Nilai budi luhur yang ingin disampaikan dalam novel Teka-Teki Robeknya Baju Pangeran Oskar adalah hati-hati dalam berprasangka dan berbuat baiklah kepada siapa saja.
Pesan pertama, hati-hati dalam berprasangka, ditunjukkan oleh beberapa karakter yang tidak serta merta terang-terangan mengatakan si anu sebagai biang masalah. Pak Jame bahkan tidak menghakimi anaknya dan tetangganya secara frontal atas dugaannya. Kalau sampai itu terjadi, masalah lebih besar akan menanti. Ini terjadi kepada Tommy yang menuduh Sally. Efeknya persahabatan mereka menjadi renggang.

Pesan kedua, berbuat baiklah kepada siapa saja juga diajarkan oleh Pak Jame. Dia sosok yang berhati mulia dengan tidak membiarkan pihak kerajaan menghukum Pak Goldin yang sudah mencuranginya. Juga memberikan kesempatan kepada Pak Jenggo, orang-orang yang mengusir dari rumahnya sendiri, untuk tetap tinggal sampai mereka menemukan tempat tinggal yang baru. Yang paling mengharukan, Pak Jame mau berbagi rezeki atas pesanan jahitan dari kerajaan dengan Pak Ale, sekaligus dalam rangka mengajarinya menjahit yang bagus.

Keseluruhannya, buku ini sangat layak dibaca oleh anak-anak dalam rangka membangun akhlak baik atau dibacakan oleh orangtua kepada anak-anak dengan tujuan lainnya, menciptakan waktu berharga bersama keluarga.

[Film] The Hunter's Prayer


Aslinya saya bingung bagaimana caranya membuat ulasan film yang sudah ditonton. Hanya bermodal keyakinan latihan menulis, dan mencoba berbagi kesan setelah menonton, saya maksa membuat artikel ini. Film The Hunter’s Prayer menjadi film pertama yang saya ulas di blog ini.

Film The Hunter’s Prayer ini dibuka dengan pembunuhan suami-istri, Martin Hatto (Eben Young) dan Pamela Hatto (Stephanie Dooley) di kediamannya. Pembukaan yang keren karena langsung menimbulkan dua pertanyaan, kenapa suami-istri itu dibunuh, dan siapa yang membunuhnya. Pertanyaan ini menggiring minat saya melanjutkan menonton kisahnya.

Secara garis besar, Lucas (Samuel Worthington) yang mantan tentara, diberi pekerjaan membunuh sisa dari keluarga Hatto; Ella Hatto yang masih berumur 16 tahun. Pekerjaan ini tidak bisa ditolaknya karena si pemberi pekerjaan mengancam keluarganya. Di tengah melakukan pekerjaannya, Lucas membelot dan itu menjadikan dirinya sebagai target pembunuhan juga. Pihak kepolisian tidak bisa diandalkan karena ada koneksi dengan si pemberi kerja yang merupakan pemilik bisnis raksasa. Sehingga sepanjang film berikutnya diisi dengan adegan-adegan pelarian Lucas dan Ella dari kejaran musuh.

Saya menyukai film ini karena gabungan cerita yang mengandung plot perjuangan menyelamatkan diri (survive) dan adegan aksi yang bikin saya tambah penasaran dengan nasib Lucas dan Ella. Aksi-aksi yang disajikan terbilang keren. Apalagi adegan kejar-kejaran mobil di celah-celah bangunan yang sempit. Tampak sangat mahir mengendalikan mobil dan membuat jantung saya berdegub kencang memikirkan mereka akan tertangkap atau bisa lolos. Ditambah beberapa adegan tembakan profesional yang makin membuat saya ketar-ketir dan berdoa, jangan sampai tertembak soalnya nanti malah bikin repot pelariannya.

Latar film ini pun memanjakan mata. Pemilihan beberapa lokasi sangat kelihatan indah. Kelokan jalan yang sepi, rumah besar zaman dahulu, rumah villa panggung di tengah banyak pohon, dan pemandangan luas rumah di padang rumput yang sangat luas.

Pesan film ini sangat kuat di bagian bagaimana keluarga memiliki peran penting dalam kehidupan. Membangun dan mempertahankan keluarga dalam kondisi harmonis menjadi syarat bahagia yang kebanyakan dituju oleh banyak orang. Sudah waktunya kita membenahi hubungan dengan keluarga dan orang-orang terdekat serta terkasih, sebab mereka yang akan menerima kita kembali walau dalam kondisi tak baik sekali pun.

Segitu saja ulasan film dari saya. Maklum hanya beberapa bagian saja yang saya jelaskan, soalnya enggak tahu mau mengomentari unsur film yang mana lagi, karena keterbatasan saya pada ilmu pembuatan film.


Judul The Hunter’s Prayer I Sutradara Jonathan Mostow I Bintang Sam Worthingtin, Odeya Rush I Rilis 2017 I

Gambar diunduh dari: https://www.imdb.com/title/tt2674358/?ref_=ttmi_tt

[Buku] False Beat, Vie Asano


Judul: False Beat
Penulis: Vie Asano
Editor: Kavi Aldrich
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit: Maret 2018
Tebal: 296 halaman
ISBN: 9786020382265
Harga: Rp72.00
Nilai: 4/5


Novel False Beat ini dilabeli sebagai novel dewasa metropop. Ini peringatan dini jika di dalamnya akan ditemukan konten dewasa. Namun, kalian tenang saja, bukan berupa adegan syur kok, hanya sebatas narasi mesum saja. Kalau buat saya sih termasuk mengecewakan karena tidak vulgar seperti yang sudah saya bayangkan, hahaha.

Kita akan ketemu sama gadis berusia 26 tahun yang karena punya hutang kepada om-nya sewaktu ia berangkat magang ke Jepang, Kanaya Thalitha harus setuju dengan perjanjian yang mengharuskannya menjadi manajer dari grup band Keanu & squad selama tur konser ke belasan kota. Yang membuat berat tugas ini adalah Aya mesti menghadapi sosok Keanu, sang vokalis, yang kalau bertindak sesuka hati dan kalau berbicara seasalnya. Aya tidak bisa mundur dari perjanjian ini dan di hari pertamanya secara tidak sengaja ia menyaksikan tubuh topless Keanu yang aduhai (menurut Aya) sehingga memancing Keanu marah. Jelas Keanu geram, sebelumnya ia tengah tersandung gosip melecehkan mantan manajernya. Jadi di mata Keanu, Aya tercap gadis mesum.

Hubungan Aya dan Keanu sudah seperti Tom dan Jerry, selalu berdebat dan bersitegang. Aya yang berusaha menjadi manajer yang baik kewalahan menghadapi sikap Keanu yang serba semaunya sendiri.

Informasi baru yang didapatkan Aya, ternyata Keanu memiliki saudara kembar bernama Kevin. Mereka berdua ibarat siang dan malam dalam hal profesi. Keanu jadi anak band, sedangkan Kevin jadi pengacara. Tapi jika soal karakter, Aya menyimpulkan mereka berdua sama saja, sama-sama bikin kesal.

Di awal-awal buku, cerita Aya menghadapi si Keanu sangat menarik. Perseteruan mereka benar-benar bikin gemas, soalnya pembaca akan dibawa pada satu bab yang dikira saya mereka akan baikkan dan saling mengerti, eh ternyata malah lanjut berantemnya. Keanu pun bandel banget mengikuti jadwal tur. Dia beberapa kali menyelinap pergi ke Bandung. Kepergian Keanu ke Bandung tidak saya duga akan jadi misteri besar. Saya kira dia ke Bandung hanya untuk urusan pacar dan tabiat nakalnya. Namun ternyata ada kisah besar di sana yang berhubungan dengan si Kevin.

Sampai sini saya bingung untuk menerangkan lebih banyak plot ceritanya sebab takut jadi spoiler. Nanti malah nggak seru pas kalian baca sendiri bukunya.

Novel ini berpusat bagaimana Aya membuka rahasia yang ditutupi si kembar. Dugaan-dugaan kalian akan keliru mengenai si kembar sebab konflik perseteruan si kembar sudah sangat umum dibahas di beberapa novel sebelum ini tapi novel ini menyajikan plot lain yang berbeda. Sangat berbeda sekali. Yang jelas apa yang dilakukan si kembar akibat keadaan yang mengharuskan melakukan keputusan itu, hampir membunuh keduanya baik fisik maupun psikologi.

Latar belakang Aya sendiri sangat sedikit dibahas di novel ini. Terutama bagaimana awal mula ia bisa terlilit hutang pasca kondisi keuangan keluarganya terpuruk. Sehingga yang saya kenali luar dalam bukan tokoh Aya, melainkan Keanu dan Kevin. Sedikit mengganggu juga karakter Aya yang meledak-ledak dan ekspresif di usianya yang 26 tahun, menurut saya terasa berlebihan. Usia segitu umumnya perempuan sudah lebih tenang dan bijak. Beruntungnya profesi yang disematkan kepada Aya bukan yang formal seperti orang kantoran atau tenaga profesional formal lainnya, sehingga saya tutup mata untuk informasi usia tersebut dan saya hanya membayangkan usia Aya sekitar 22 tahunan.

Saya juga merasa perlu menggambarkan bagaimana rasa dari novel ini. Awalnya kita akan diajak mesem-mesem dengan keributan bak Tom dan Jerry, lalu berikutnya akan dikagetkan dengan rahasia si kembar. Pada bagian ini kalian akan merasa tak percaya dengan yang dilakukan si Kevin, terutama alasannya. Lalu, selanjutnya menjadi kelam, ada yang meninggal, ada yang mau bunuh diri, dan lebih banyak yang patah hati. Menjelang ujung cerita, harapan dimunculkan seperti matahari pagi yang terbit setelah semalaman hujan deras seperti tak ada habisnya.

Selain Aya, Keanu, dan Kevin, muncul karakter lainnya yang turut menyemarakkan cerita novel False Beat ini. Randy (basisst), Jonas (gitar), Regan (drummer), dan Adrian (kibor). Mereka adalah personil Keanu & squad. Dari keempatnya, Jonas menjadi tokoh yang punya kekhasan sendiri. Dia kerap melakukan meditasi. Aya sampai bertanya-tanya, bagaimana ceritanya Jonas yang penganut kedamaian hidup berkecimpung di dunia yang dikenal hedonis, hura-hura, dan ramai. Tentu saja alasannya bisa kalian temukan dengan membaca novelnya.

Karakter lain yang sama bersinarnya adalah Key. Perempuan cantik yang mengenal Keanu dan Kevin sejak mereka masuk SMA. Dia pula yang menjadi salah satu sebab Keanu dan Kevin berseteru soal asmara. Key ini katanya cantik banget lho, sampai diperbandingkan dengan Kate Middleton.

Siapa pula itu Kate Middleton?



Setelah membaca tuntas kisahnya, saya simpulkan novel False Beat ini ingin menyampaikan pesan "Sayangilah keluargamu, orang-orang terdekatmu, orang-orang yang kau sayangi, sebelum waktu yang menghalanginya. Saat semua sudah terlambat, semenyesal apa pun dirimu, kesempatan itu nggak akan terulang. Maaf, airmata, penyesalan, cuma tertinggal tanpa mampu memperbaiki kesempatan yang terlanjur sudah hilang." Pesan ini sangat kuat disampaikan penulis, sampai saya harus menahan mata yang kadung berkaca-kaca agar nggak menetes. Pesan yang menohok dan membuat kita merenung tentang arti keluarga dan mereka yang kita sayangi.

Catatan:
Gambar Kate Middleton diunduh dari link berikut: https://www.behance.net/gallery/10256449/Trench-Coat-Inspirations-by-Kate-Middleton-httpwwwl